Contoh Perusahaan yang menggunaakan system
E-Commerce
Menurut Gary Coulter dan John Buddemeir
(E-commerce Outline)
: e-commerce berhubungan dengan penjualan, periklanan, pemesanan produk, yang
semuanya dikerjakan melalui internet. Beberapa perusahaan memilih untuk
menggunakan kegiatan bisnis ini sebagai tambahan metode bisnis tradisional,
sementara yang lainnya menggunakan internet secara eksklusif untuk
mendapatkan para pelanggan yang berpotensi.
Perusahaan
Lazada merupakan top online retailer di Indonesia. Perusahaan ini memberikan
kesempatan kepada konsumen untuk membeli segala jenis produk yang berkaitan
dengan elektronik, dekorasi rumah tangga hingga produk kesehatan dan kecantikan
hanya dengan mengakses ke website yang telah disediakan. Produk pesanan akan di
antar ke rumah-rumah konsumen dengan pelayanan kurir yang cepat dengan kualitas
produk yang terbaru dan terbaik. Pembayaran juga dapat di lakukan dengan uang
tunai bila tidak memiliki kartu kredit.
Karyawan
yang bekerja di perusahaan ini merupakan individu yang mempunyai jiwa
kewirausahaan, karena mereka berasal dari sekolah bisnis terbaik dan perusahaan
di seluruh dunia. Oleh sebab itu tidak diragukan lagi kualitas dalam pemberian
pelayanan kepada konsumen yang akan di berikan secara maksimal. Pelayanan yang
Lazada berikan memiliki kelebihan tersendiri dalam pasar Indonesia, antara lain
: Menyediakan produk premium dengan
delapan kategori : elektonik-
komputer, perlengkapan & peralatan rumah tangga, perlengkapan anak, produk
kesehatan & kecantikan, perlengkapan travelling, perhiasan & jam
tangan, serta perlengkapan olahraga. Untuk elektronik, Lazada
menyediakan smartphones, televisi, video hingga berbagai aksesoris untuk
melengkapi peralatan elektronik konsumen. Lazada juga menawarkan solusi untuk
keperluan rumah tangga yang dapat ditemukan pada kategori perlengkapan &
peralatan rumah tangga serta menyediakan berbagai macam aksesoris untuk hewan
peliharaan kesayangan.
Tujuan dari perusahaan ini adalah
menjadi salah satu belanja online yang paling top dan utama di Indonesia serta
memberikan pelayanan kepada konsumen secara maksimal, memberikan inspirasi
dalam belanja dan memberikan pengalaman kepada konsumen dalam memilih-milih
produk online.
Manfaat dari e-commerce sangatlah banyak
tetapi ada beberapa keterbatasan yang harus diperhatikan, baik teknologi maupun
nontechnological, yang telah memperlambat pertumbuhan dan penerimaan.
Keterbatasan teknologi termasuk kurangnya keamanan yang cukup, kesamaan atau
plagiat penggunaan e-commerce dari segi bentuk, inovasi, maupun cara menjualnya
serta aksesibilitas yang mahal. Keterbatasan nontechnological termasuk persepsi
bahwa e-commerce tidak aman merupakan masalah hukum yang belum terselesaikan,
dan tidak memiliki massakritis antara penjual dan pembeli.
Nama Kelompok :
Aldinuari Prastio 30111555
Chrisna Dwi Putera 31111643
Devy Heryanti 31111947
Dyah Sobita 32111297
Ranti Cah 35111883
Tidak ada komentar:
Posting Komentar